Blogger

Brokoli, Sayuran untuk Otak Cerdas

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Minggu, 16 Oktober 2011 at 02.13

Hei sobat blogger ada yang tau ga sayur apa itu? Kalau ga tau keterlaluan banget deh...ya tepat sekali itu brokoli. Sobat blogger ada yang pernah makan brokoli ga? atau belum pernah sama sekali? Wah kalo yang belum pernah sama sekali, kasian deh...soalnya brokoli tuh banyak manfaatnya ya salah satunya bikin otak kita menjadi cerdas ! Wow hebat sekali kan? Nah, pasti penasaran kan? yuk ! kita simak dulu penjelasannya

Sebelum tahun 1970an, brokoli hampir tidak dikenal di Indonesia. Sayuran berbentuk mirip rambut kribo ini memang berasal dari daerah laut tengah. Masyarakat Yunani Kunolah yang awalnya membudidayakan tanaman ini. Sayuran hijau dari keluarga kubis-kubisan ini tumbuh baik di daerah bersuhu dingin.

Akan tetapi, sekarang ini brokoli sudah cukup terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Bahkan, ada juga yang menyebut brokoli "makanan super" karena kaya kandungan gizi yang dibutuhkan manusia. Misalnya, kandungan kalsium setara dengan segelas susu. Serat dalam sayuran ini lebih banyak dari serat dalam roti gandum. Bahkan vitamin C dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam jeruk. Wah... hebat sekali kan?

Nah, sekilas bentuk brokoli ini mirip rambut kribo dan juga mirip juga dengan bentuk otak kan? Dan ternyata, brokoli memang sangat bermanfaat bagi otak manusia, tepatnya meningkatkan kecerdasan. Kandungan magnesium yang banyak dalam brokoli bisa meningkatkan daya ingat dan proses belajar.

Jika sobat blogger ingin mengonsumsi brokoli, cukup dikukud saja. Sebenarnya bisa juga direbus, tetapi proses ini bisa menghilangkan kandungan gizi brokoli yang melimpah sampai 50%. Sayang sekali kan? Tapi kalau terpaksa direbus jangan lama-lama...ya cukup 5 menit saja.
(Dari berbagai sumber)

Sekian..., semoga artikel ini bermanfaat......
»»  Baca Selengkapnya...

Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan?

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On at 01.42

Halo sobat blogger, kalian pasti punya jam dinding atau jam tangan kan? Pasti hampir setiap saat sobat selalu melihat jam. Nah, apakah pernah terlintas di pikiran sobat semua bahwa mengapa jarum jam berputar dari kiri ke kanan (tentunya untuk jam yang menggunakan penunjuk jarum dan dimulai dari angka 12) ?
Sekarang kita simak penjelasannya, yuk!

Dahulu sebelum jam ditemukan beberapa suku bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda. Bangsa Mesir merupakan salah satu bangsa yang sejak dahulu sudah bisa mengamati waktu dengan memanfaatkan pergerakan matahari. Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut Obelisk. Ketika matahari bergerak, bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak, dari sanalah mereka mengukur waktu.

Seiring berjalannya waktu, dibuatlah jam yang menggunakan mesin. Jarum jam pun diharuskan berputar ke arah kanan. Hal itu sebenarnya terjadi secara alami, mengikuti gerakan bayangan jam matahari yang digunakan di belahan bumi utara yang berputar ke arah kanan.
Itulah alasan mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak ke kanan, yaitu mengikuti pergerakan bayangan tadi dari kiri ke kanan.
(dari berbagai sumber)

Sekian.., semoga artikel ini bermanfaat.......   


 
»»  Baca Selengkapnya...

Helikopter, Si Burung Besi yang Berputar-putar

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Jumat, 14 Oktober 2011 at 23.29

Sobat blogger, pasti pernah lihat kan helikopter naik turun secara vertikal, bahkan bisa muter-muter baling-balingnya? Konon proses terciptanya pun ratusan tahun! Walah lama banget ya....sesuatu banget deh. Ko bisa begitu lama sih? Karena impian pelukis terkenal Leonardo Da Vinci, yang sudah membuat desain burung besi sejak tahun 1480, baru pada abad 19, warga Prancis Charles Breguet membuat khayalan Da Vinci menjadi kenyataan.

Pada 29 September 1907, helikopter pertama ciptaan Breguet bernama Breguet Richet Gyroplane diujiterbangkan. Tetapi hanya bisa terbang setinggi 0,6 meter lalu jatuh. Kemudian insinyur asal Spanyol, Juan de la Chierva, tahun 1923 menciptakan Autogiro, yang merupakan baling-baling yang bisa naik turun. Sayangnya, Chierva meninggal dunia akibat kecelakaan pada tahun 1936.
 
Pada tahun 1937 di negeri Jerman Henrich Foke menciptakan helikopter FA-61. Unjuk terbang dilaksanakan di Deuchan Sport Arena, Berlin, dengan penerbang cewek yang bernama Hana Leitch. Bentuk helikopter nyaris sempurna, tetapi bentuknya belum maksimal. Pada 8 Desember 1941, Igor Sikorsky sukses menerbangkan helikopter VS-300 yang melegenda. Sikorsky adalah insinyur Amerika Serikat kelahiran Kiev ,Rusia. Kemudian R-4 ciptaan Sikorsky diproduksi di pabriknya.

Helikopter modern pertama adalah milik RA-H66 Comache. Kemudian ada helikopter jenis Robinson R-22 yang gesit untuk dipakai latihan terbang dan observasi. Helikopter ini memakai 2 baling-baling berdiameter 7,6 dengan kecepatan 180 km/jam dan sanggup mengangkat barang hingga seberat 120kg.

Begitulah sobat blogger, semoga artikel ini bermanfaat......
»»  Baca Selengkapnya...

Kenapa daun menguning ?

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On at 01.18

Di musim kemarau pasti sobat blogger suka sering melihat melihat dedaunan berubah warnanya jadi kuning kecoklatan. Setelah mengering, daun-daun itu pun rontok dan berjatuhan ke tanah. Tahukah sobat , kenapa daun itu berubah warna? Ke mana larinya si warna hijau?

Sobat, dedaunan dan tanaman mengandung 3 pigmen atau bahan pewarna utama yakni karoten,antosianin, dan pigmen fotosintetik atau klorofil, yang menangkap energi matahari untuk membuat makanan bagi tanaman. Klorofil merupakan zat yang memberikan warna hijau bagi daun.

Zat kimia lain pada daun, yang disebut auksin, bertugas mengatur sekelompok sel tertentu pada setiap batang daun, yang disebut lapisan absisi. Selama ada auksin, jumlah sel absisi ini bisa diatur, sehingga tidak menghalangi aliran gizi dari akar, batang pohon, hingga ke daun.

Namun, pada musim kemarau, tumbuhan hanya memiliki sedikit auksin, sehingga lapisan absisi tumbuh dan menebal. Karena menebal, absisi ini jadi menghambat aliran air dan zat makanan ke daun. Ketika ini terjadi, klorofil pada daun pun berkurang dengan cepat sehingga daun-daun kehilangan warna hijaunya. Sebagai gantinya, munculah warna kuning kecoklatan.

Saat musim kering, setiap pohon harus bertahan hidup, meskipun hanya memiliki sedikit persediaan air pada akar. Maka, pohon harus menghemat air dan zat makanan. Untuk, menghemat zat-zat makanan bergerak lambat keluar dari dedaunan dan masuk ke dahan-dahan, batang dan akar pohon. Zat makanan itu akan tersimpan aman di sana, hingga datangnya musim hujan dan melimpahnya auksin. Nah, sobat blogger itulah penyebabnya mengapa daun menguning di musim kemarau.

Sumber: Berbagai sumber

Sekian informasi ini, semoga bermanfaat......           
»»  Baca Selengkapnya...

Mengubah Cursor Blog

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Jumat, 07 Oktober 2011 at 07.12

Bosan sama cursor blog yang gitu-gitu aja? Nah kali ini saya akan memberitahu cara ganti cursor di blog.
Caranya:  
  1. Buka  http://www.cursors-4u.com/cursor/2010/03/13/blogger.html 
  2. Pilih Cursor yang kamu inginkan 
  3. Lalu klik ikon Blogger/blogspot
  4. Setelah itu copy kode javascriptnya
  5. Masuk ke blog
  6. Lalu klik pada menu rancangan 
  7. Klik menu edit html
  8. Terus di menu edit htmlnya centang expand template widget
  9. Tekan CTRL +F nanti akan keluar kotak search di browser anda lalu ketikkan kode  </head
  10. Pastekan kode cursornya tepat di atas kode </head    tersebut
  11. Klik simpan deh 
Foiila...! cursor blog anda sudah berubah, Sebelum mengedit html tsb sebaiknya anda download dulu template blog anda untuk mengantisipasi bila terjadi error/kesalahan.
Bila ada kesulitan comment di blog atau chat di buku tamu...
»»  Baca Selengkapnya...

Bunglon, Si Reptil Kaya Warna

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On at 03.19






Hei sobat coba tebak reptil apakah itu? Ya tepat sekali...reptil itu adalah bunglon, reptil yang jago mengubah warna tubuhnya. Eh sobat ada yang tau gak, apa yang menyebabkan bunglon merubah warna tubuhnya? Coba liat deh...ada yang dapat berubah warna dari hijau ke cokelat dan sebaliknya. Bunglon memang memiliki koleksi warna yang menakjubkan ya.

Koleksi warna itu karena adanya pigmen unik pada lapisan kulit. Penyebab perubahan warna bunglon adalah sinar matahari,suhu udara dan keadaan perasaan si bunglon. Ketika reptil ini ingin berjemur di bawah sinar matahari, maka ia akan mengubah warna kulitnya menjadi hijau untuk mendapatkan manfaat sinar matahari sebanyak-banyaknya. Lalu, ketika suhu udara dingin, bunglon akan mengubah warna tubuhnya menjadi gelap agar bisa menyerap panas dengan baik.

Eh, terus, apa hubungannya antara perasaan bunglon dan warna tubuhnya?  Begini sobat,bunglon yang sedang marah karena berkelahi dengan bunglon lainnya, bisa berubah warna jadi merah kekuningan. Atau ketika reptil ini sedang berusaha menarik lawan sejenisnya, akan menjadikan warna tubuhnya menjadi lebih terang, seperti ungu muda,biru terang dan kemerahan.

Bunglon merupakan sejenis reptil yang termasuk suku (familia) Agamidae. Meskipun bunglon jagoan merubah warna tubuhnya, bunglon tidak bisa mengubah kulitnya ke semua warna, melainkan hanya pada warna-warna tertentu saja.

Fungsi tubuh bunglon memang memungkinkan perubahan warna ini. Ia memiliki sel -sel warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan. Di bawah lapisan ini terdapat dua lapisan sel yang mengandung pigmen berwarna merah dan kuning yang disebut kromatofores. Di bawahnya lagi ada lapisan sel yang dapat memunculkan warna biru dan putih serta pada lapisan yang paling dasar ada lapisan melanin untuk warna cokelat.

Sekian informasi ini, Semoga bermanfaat.......
       
»»  Baca Selengkapnya...

Bikin Shoutmix Tersembunyi

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Kamis, 06 Oktober 2011 at 06.45

Pasti sobat blogger pada bingung gimana shoutmixnya biar tersembunyi. Hmmmmm....Sebenarnya caranya simpel saja dengan cara mengcopy kode berikut:

<style type="text/css">
    #gb{
    position:fixed;
    top:50px;
    z-index:+1000;
    }
    * html #gb{position:relative;}
    .gbtab{
    height:100px;
    width:30px;
    float:left;
    cursor:pointer;
    background:url('http://lh4.ggpht.com/_jn57XA2jLxY/SmCHl1YEsxI/AAAAAAAAAXQ/HshHClEVcvY/tabs.png') no-repeat;
    }
    .gbcontent{
    float:left;
    border:2px solid #A5BD51;
    background:#F5F5F5;
    padding:10px;
    }
    </style>
    <script type="text/javascript">
    function showHideGB(){
    var gb = document.getElementById("gb");
    var w = gb.offsetWidth;
    gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0);
    gb.opened = !gb.opened;
    }
    function moveGB(x0, xf){
    var gb = document.getElementById("gb");
    var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1;
    var dir = xf>x0 ? 1 : -1;
    var x = x0 + dx * dir;
    gb.style.right = x.toString() + "px";
    if(x0!=xf){setTimeout("moveGB("+x+", "+xf+")", 10);}
    }
    </script>
    <div id="gb">
    <div class="gbtab" onclick="showHideGB()"> </div>
    <div class="gbcontent">

Pastekan kode tersebut  di atas  kode javascript shoutmixnya

Selesai, silahkan lihat blog anda....!  Bila ada kesulitan bisa dinyatakan lewat fb atau chat di buku tamu
»»  Baca Selengkapnya...

Tips Aman dari Copet Hp Di Angkot !

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On at 03.03

Sobat -sobat semua  pasti ada yang pernah memgalami kecopetan hp, termasuk saya sendiri juga pernah kecopetan.
Saya mau berbagi tips aman dari copet hp di angkot, nah caranya:
  • Jangan naro hp di saku celana
  • Dengerin musik pake headset terus hpnya dipegang
  • Kalau ga bawa headset, pegang aja hpnya atau taruh di saku baju depan sambil dipegangin
  • Jangan Lengah, Waspadalah-Waspadalah...
  • Jangan taruh hp di tas, kemungkinan si copet bisa mengodok/menjebol tas  
Tapi saya sendiri tidak menjamin aman sepenuhnya, karena terkadang suka ada copet yang nekat. Ini tips hanya untuk mempekecil kemungkinan dicopet. Kalau anda sudah terlanjur dicopet ya ikhlaskan saja.

Semoga tips ini bermanfaat.....
»»  Baca Selengkapnya...

Bagaimana ATM bekerja?

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On at 01.16



Mungkin sobat-sobat semua ada yang belum tau cara kerja Atm tapi sering menggunakannya.
Nah,sebelumnya kalian harus tahu dulu bagian-bagian ATM, yang terdiri atas:
  • Kotak ATM
  • Tombol Angka
  • Layar Monitor
  •  Kamera
Sementara bagian dalamnya terdiri atas:
  • 1 unit Komputer
  • keyboard
  • modem
  • kotak uang
  • printer kecil
  • card reader / pembaca kartu
Proses kerja mesin ATM dan kartunya sangat simpel dan mudah. Jika ingin menggunakannya, tinggal masukan kartu ATM ke dalam mesin. Setelah kartu masuk, card reader magnetik akan membaca kartunya, dan mengirim datanya ke sistem komputer bank.

Saat berhasil membaca kartu , mesin akan meminta nomor PIN atau nomor pengenal pribadi. PIN ini tidak terdapat dalam kartu ATM melainkan harus diketikkan pada keyboard ATM. Setelah nomor PIN masuk, datanya langsung diacak menggunakan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerisasi di bank yang bersangkutan. Tujuan pengacakan data PIN adalah agar data-datanya tidak bisa terbaca oleh pihak lain.

Data yang sudah selesai diproses di sistem komputer bank akan dikirim kembali ke ATM, dan kalian akan mendapatkan apa yang diminta melalui mesin ATM seperti uang tunai,cek saldo,transfer tunai, dll.
Pada kartu ATM terdapat garis yang dinamakan keping magnetik. Keping ini mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemiilik kartu ATM. Oh ya, untuk menjaga keamanan sebaiknya tidak meminjamkan kartu kalian kepada orang lain

Sekian informasi dari saya, Semoga Bermanfaat.......
»»  Baca Selengkapnya...

Ternyata kuku bisa mendeteksi kesehatan lho !

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Rabu, 05 Oktober 2011 at 05.06

Tahukah sobat-sobat blogger kuku bisa memberikan informasi kesehatan? Ternyata kondisi kesehatan yang baik ditandai oleh keadaan kuku yang halus atau licin permukaannya,dengan warna merah muda. Sebaliknya, kondisi kesehatan yang kurang baik dideteksi dengan kuku yang tidak licin permukaannya dan warna serta bentuknya pun sesuai dengan penyebabnya.
Berikut adalah gangguan kesehatan yang dapat dideteksi dengan kuku, misalnya penyakit yang berlangsung lama,sering menyebabkan kuku berwarna biru.Warna kuku yang gelap sering diakibatkan karena kekurangan vitamin B12.Warna kuku yang hijau sering diakibatkan oleh infeksi jamur sehingga rasa gatal menyerang daerah kuku. Warna kuku kuning juga akibat jamur. Warna Kuku merah sering disebabkan oleh penyakit jantung.Perubahan warna kuku berupa titik atau garis 1/2 lingkaran dapat disebabkan oleh demam atau kondisi tubuh panas tinggi,penyakit hati,ginjal dan kurang bekerjanya kelenjar tiroid. Warna kuku yang berubah dan tampak tidak menarik dapat disebabkan oleh zat kimia,cat kuku,deterjen atau nikotin rokok

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.......
»»  Baca Selengkapnya...

Teriakan Malam

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Senin, 03 Oktober 2011 at 03.39

Pada malam hari itu di saat semua orang sudah terlelap tidur. Aku terbangun, entah apa yang membuatku terbagun pada saat itu pun aku tidak bisa tidur. Aku pun berjalan menuju dapur untuk mengemil berharap dengan mengemil aku menjadi mengantuk lagi. Namun harapanku akan mengantuk tidak berhasil, semalaman aku tidak bisa tidur dan tepatnya saat tengah malam......Teng....Tong....Teng...Tong.... jam pun berbunyi. Bulu kudukku pun berdiri karena kaget dan sedikit takut, akhirnya aku kembali ke kamarku dan langsung berbaring di tempat tidur. Gelisah.....itulah yang kurasakan pada saat berbaring lalu aku pun mendengar suara suara teriakan yang terdengar kelihatannya sangat aneh.....dan akhirnya aku pun melihat dari jendela untuk menyelidiki suara apa itu dan dari mana asalnya, akhirnya pada saat aku membuka jendela...aku melihat.....

Bersambung..........       
»»  Baca Selengkapnya...