Blogger

Helikopter, Si Burung Besi yang Berputar-putar

Diposting oleh Muhamad Zahra Saputra | Label: | Posted On Jumat, 14 Oktober 2011 at 23.29

Sobat blogger, pasti pernah lihat kan helikopter naik turun secara vertikal, bahkan bisa muter-muter baling-balingnya? Konon proses terciptanya pun ratusan tahun! Walah lama banget ya....sesuatu banget deh. Ko bisa begitu lama sih? Karena impian pelukis terkenal Leonardo Da Vinci, yang sudah membuat desain burung besi sejak tahun 1480, baru pada abad 19, warga Prancis Charles Breguet membuat khayalan Da Vinci menjadi kenyataan.

Pada 29 September 1907, helikopter pertama ciptaan Breguet bernama Breguet Richet Gyroplane diujiterbangkan. Tetapi hanya bisa terbang setinggi 0,6 meter lalu jatuh. Kemudian insinyur asal Spanyol, Juan de la Chierva, tahun 1923 menciptakan Autogiro, yang merupakan baling-baling yang bisa naik turun. Sayangnya, Chierva meninggal dunia akibat kecelakaan pada tahun 1936.
 
Pada tahun 1937 di negeri Jerman Henrich Foke menciptakan helikopter FA-61. Unjuk terbang dilaksanakan di Deuchan Sport Arena, Berlin, dengan penerbang cewek yang bernama Hana Leitch. Bentuk helikopter nyaris sempurna, tetapi bentuknya belum maksimal. Pada 8 Desember 1941, Igor Sikorsky sukses menerbangkan helikopter VS-300 yang melegenda. Sikorsky adalah insinyur Amerika Serikat kelahiran Kiev ,Rusia. Kemudian R-4 ciptaan Sikorsky diproduksi di pabriknya.

Helikopter modern pertama adalah milik RA-H66 Comache. Kemudian ada helikopter jenis Robinson R-22 yang gesit untuk dipakai latihan terbang dan observasi. Helikopter ini memakai 2 baling-baling berdiameter 7,6 dengan kecepatan 180 km/jam dan sanggup mengangkat barang hingga seberat 120kg.

Begitulah sobat blogger, semoga artikel ini bermanfaat......

Comments:

There are 0 komentar for Helikopter, Si Burung Besi yang Berputar-putar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar